Lionel Messi Mungkin Telah Memicu Perang Penawaran Terliar Dalam Olahraga

0 Comments

Dengan surat resmi yang dikirim pada hari libur pada hari Selasa, salah satu pemain sepak bola terbesar sepanjang masa membuat olahraga menjadi hiruk-pikuk Lionel Messi mengatakan kepada FC Barcelona bahwa dia ingin keluar dari klub.

Baru saja tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions awal bulan ini, Messi mengumumkan niatnya dengan cara yang paling blak-blakan, demikian konfirmasi klub, menandakan bahwa frustrasinya dengan klub telah mencapai titik puncak. Meskipun langkah menakjubkan tidak menjamin dia akan pergi, Messi telah memberi tahu dunia untuk salah satu perang penawaran terliar dalam sejarah olahraga.

Bahkan pada usia 33 tahun, Messi adalah pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di planet ini, mendapatkan gaji lebih dari $ 70 juta setahun, menurut kontrak Barcelona yang bocor pada tahun 2018. Komitmen keuangan semacam itu adalah salah satu yang hanya satu segelintir klub di dunia mampu membelinya. Jika dia benar-benar ada di pasar, tidak diragukan lagi bahwa mereka akan mengambil bidikan sekali seumur hidup. Meskipun Messi tidak pernah menunjukkan preferensi di mana dia akan mendarat setelah Barca, ada dua kandidat yang jelas jika hanya karena mereka adalah orang yang paling boros dalam sepak bola.

Manchester City, yang dimiliki oleh anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi, bisa menyatukannya kembali dengan manajer yang menggiring Messi ke puncak sepak bola di Barcelona dari 2008 hingga 2012, Pep Guardiola. Dan Paris Saint-Germain, yang didukung oleh dana kekayaan kedaulatan Qatar, sudah memiliki dua pemain yang memerintahkan biaya transfer tertinggi dalam sejarah dalam pembukuannya, Neymar dan Kylian Mbappé.

Pelamar lain bisa muncul. Internazionale, di Milan, telah mengalami pembangunan kembali yang kaya di bawah miliarder China dan pendiri Suning Zhang Jindong. Beberapa hal di luar Chelsea atau Manchester United juga, karena dua tim olahraga terkaya di olahraga ini berbagi sponsor terbesar Messi, Adidas.

Sebelum Messi dapat berpose untuk pemotretan dengan seragam klub lain, ada hal-hal teknis yang harus diselesaikan seputar kondisi kepergiannya. Laporan di Spanyol menyebutkan dalam beberapa pekan terakhir bahwa kontrak Messi termasuk klausul yang memungkinkan dia untuk mengakhiri hubungannya dengan Barcelona secara sepihak di akhir musim. Masalahnya adalah klausul tersebut mungkin telah kedaluwarsa selama penundaan pandemi sepak bola Eropa.

Ada juga klausul pembelian Messi sebesar € 700 juta kecuali itu mungkin tidak dapat dilaksanakan jika kontraknya berakhir pada bulan Juni, ketika musim biasanya akan berakhir. Ini adalah pertanyaan yang akan diajukan oleh pengacara Barcelona selama beberapa hari mendatang. Sementara itu, saat klub bersiap untuk terjebak dalam tawar-menawar, beberapa penggemar Barcelona sudah beralih ke penerimaan.

“Catalonia akan selalu menjadi rumah Anda,” tulis Quim Torra, presiden pemerintah Catalan, di Twitter Selasa malam. “Terima kasih banyak atas kebahagiaan dan sepak bola luar biasa selama ini. Kami cukup beruntung untuk berbagi beberapa tahun dalam hidup kami dengan pemain terbaik di dunia. “

Barcelona adalah satu-satunya klub yang pernah dikenal Messi sebagai pemain profesional. Dia pindah ke sana sebagai udang berusia 13 tahun setelah datang dari Argentina untuk bergabung dengan akademi pemuda legendaris Barça. Pada usia 17 tahun, ia memecahkan tim utama dan mencetak gol pertama dari 634 golnya untuk klub dalam perjalanannya ke 33 trofi utama dalam 16 tahun.

Malapetaka tim di Liga Champions musim ini yang ketiga bagi Barcelona dalam beberapa tahun terakhir mungkin menjadi pukulan terakhir bagi Messi, tetapi ketegangan telah membangun di dalam klub selama berbulan-bulan. Dia diketahui tidak setuju dengan presiden klub Josep Maria Bartomeu tentang kebijakan transfer. Ruang direksi dibagi oleh pertikaian politik. Dan Messi secara pribadi berselisih dengan direktur olahraga klub, Eric Abidal, setelah Abidal mengkritik “beberapa pemain” karena tidak bekerja cukup keras selama kampanye tanpa trofi pertama Barça dalam 12 tahun.