Ajax Mencetak 13 Gol Melawan Venlo Menjadikan Rekor Kemenangan Terbesar

0 Comments

Ajax memecahkan rekor Eredivisie 48 tahun mereka sendiri pada hari Sabtu ketika mereka mengalahkan Venlo 13-0 dalam kemenangan terbesar yang pernah ada dalam sejarah divisi tersebut. Lassina Traore mencetak lima gol saat juara bertahan itu mengalahkan Ajax asuhan Johan Cruyff, yang kemenangan 12-1 atas Vitesse Arnhem menjadi rekor kemenangan tim papan atas sejak Mei 1972 musim di mana klub Amsterdam memenangkan gelar liga dan yang kedua dari empat kemenangan mereka. Piala Eropa.

Traore menjadi pemain Ajax pertama yang mencetak lima gol dalam pertandingan Eredivisie sejak Marco van Basten pada tahun 1985 saat timnya mencetak lebih banyak gol dalam pertandingan ini dibandingkan dengan lima pertandingan liga lainnya. Gol pemain berusia 19 tahun itu adalah yang pertama dari kampanye liga dan menempatkannya satu di belakang Steven Berghuis dari Feyenoord yang memuncaki daftar pencetak gol, dan dia juga membuat tiga untuk rekan satu timnya.

Setelah itu, Traore mengatakan kekalahan 1-0 Ajax pada pertengahan pekan dari Liverpool di Liga Champions “membuat kami marah” dan lapar untuk menebus kesalahannya melawan Venlo.

“Kami menghormati mereka, tapi begitu di lapangan kami memberikan segalanya dan menjadi lebih marah,” katanya kepada penyiar publik NOS.

Pelatih Ajax Erik Ten Hag setuju: “Anda tidak melihat hasil seperti ini di Eredivisie. Ini sangat istimewa.

“Kami lapar di lapangan. Kami ingin mencetak gol dan saya baik-baik saja dengan itu.”

Kemenangan besar itu menempatkan Ajax Ten Hag di puncak divisi, unggul dua poin dari PSV Eindhoven dan tiga poin di depan tim urutan ketiga Vitesse. Keduanya saling berhadapan saat makan siang hari Minggu. Feyenoord dan Twente, yang kalah 2-1 dari Utrecht pada Sabtu, tertinggal empat poin. Venlo berada di papan tengah klasemen dengan lima poin dengan selisih gol -13 setelah kebobolan lebih dari setengah dari semua gol yang dicetak melawan mereka musim ini hanya dalam satu pertandingan. Mereka belum pernah menang sejak hari pembukaan musim.

“Yang bisa kami lakukan adalah mengambil bagian besok,” kata pelatih Venlo Hans de Koning kepada wartawan.

“Ini adalah permainan yang ingin kami kubur jauh di bawah tanah dan menuangkan beton ke atasnya.”

Jurgen Ekkelenkamp memberi Ajax keunggulan setelah 13 menit ketika ia menyentuh sundulan jarak dekat Traore. Pemain internasional Burkina Faso itu beralih dari provider ke finisher empat menit kemudian ketika ia menyundul umpan silang melengkung Antony. Traore paling mudah melakukan tap-in untuk menjadikannya 3-0 di menit ke-32, dan Dusan Tadic mengakhiri pertandingan sebagai pertandingan semenit sebelum jeda ketika ia menjangkau di tepi area penalti dan memaksakan tendangan rendah ke gawang.

Bek tengah Venlo Christian Kum langsung mendapat kartu merah enam menit setelah jeda dengan timnya tertinggal empat gol, dan segera setelah pintu air dibuka. Traore menyelesaikan hat-tricknya dua menit kemudian dan Ajax kemudian mencetak tiga gol dalam empat menit melalui Antony, Ekkelenkamp dan Daley Blind.

Antony membuat gol sundulan untuk Traore yang hampir sama dengan gol pertamanya di menit ke-65 dan pemain pengganti Klaas-Jan Huntelaar mencetak gol ke-10 dari titik penalti dengan 16 menit tersisa sebelum mencetak gol keduanya dua menit kemudian. Hanya butuh dua menit lagi untuk menurunkan moral Venlo untuk kebobolan ke-12, Lisandro Martinez berjalan ke depan dan mencetak gol dengan mulus. Traore menyelesaikan kehancuran dengan tiga menit tersisa ketika ia mencetak gol kelimanya melalui serangan balik.